Minggu, 24 Agustus 2014

SeJarah Modulator dan Demodulator (Modem)

Sejarah Kemunculan Modem ( Modulator dan Demodulator )

Berawal dari kebutuhan dalam kemiliteran pada tahun 1950 modem ini diciptakan yang diproduksi pertama kali oleh perusahaan komputer yang cukup terkenal yaitu IBM. Fungsi modem pada saat itu ialah sebagai alat komunikasi dan bagian dari sistem pertahanan udara, yang berguna dalam mengantisipasi serangan-serangan musuh untuk itu Tujuan dibuatnya modem merupakan sebagai alat penghubung pangkalan udara dengan pusat-pusat kontrol udara.

Cara kerja modem pada saat mentransfer data pada saat itu ialah data ditransferkan melalui jaringan telepon dengan menggunakan gelombang analog maka modem itu mengubah gelombang tersebut, proses ini bolak balik sampai data selesai ditransfer.

Adapun Modem untuk personal computer atau komputer pribadi pertama kali diciptakan oleh Dennis C. Hayes (lahir pada tahun 1950) dan Dale Heatherington (lahir pada tahun 1948) pada tahun 1977. Mereka membangun teknologi yang sangat penting memungkinkan industri online sampai saat ini muncul dan berkembang.

Pada awalnya di pertengahan tahun 1970 Dennis C. Hayes meninggalkan Georgia Inistitute of Technology, dikarenakan dia bekerja di perusahaan National Data Corporation di Atlanta. Perusahaan ini bergerak dibidang transfer uang elektronik dan otoritas kartu kredit. Tugasnya saat bekerja itu untuk mengatur koneksi modem untuk pelanggan NDC. Kemudian dia bertemu Dale Heatherington di National Data Corporation. Bersama-sama mereka mengembangkan dan memasarkan produk pertamanya yang berkualitas tinggi untuk penggemar komputer pada bulan April 1977 yaitu modem board untuk bus s-100 PC modem.








sumber : http://alamtekno.blogspot.com/2013/12/sejarah-dan-penemu-modem-pc.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar